Jumat, 30 September 2011

Konsep Dasar Sistem Komputer & Teknologi Komputer

Resume Part 1
Nama : Aulia maharani putri
Nim : 10.41010.0207
Dosen : Bp. Siswo - P2

Sedikit pembahasan tentang data dan informasi terlebih dahulu sebelum membahsa lebih jauh tetang sistem komputer dan teknologi komputer. heheh...
Data adalah suatu fakta yang masih bersifat mentah. kumpulan dari sesuatu yang belum diproses dapat berupa teks, angka, audio, dan video. contohnya ; Sari, Rp. 2.000,-/jam, 3 jam.
sedangkan informasi sendiri adalah merupakan daa yang telah diolah atau diproses sehingga menghasilkan sesuatu yang beguna. Contohnya ; Sari berada di warnet selama 3 jam dengan billink Rp. 2.000,-/jam maka sari harus membayar billink sebesar Rp. 6.000,-. Sedikit memahami kan tentang data dan informasi. Nah, gimana dengan Sistem Informasi dan Teknologi informasi?? 
  • Sistem informasi adalah kumpulan orang - orang, prosedure - prosedure dan simber daya yang berguna untuk mengumpulkan, mengubah bentuk dan menyebar luaskan informasi dalam suatu organisasi.
  • Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang mampu mengolah, menyusun, menyimpan, memanipulasi, dan menyebarkan data yang telah diolah (informasi) menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Computer
Computer berasal dari bahasa latin computare (to compute/ to reckon) yang artinya menghitung.
ada beberapa definisi tentang computer menurut para ahlinya, yaitu ;
  • Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input, sesuai dengan instrukri yang diberikan, menyimpan perintah - perintah dan hasil pengelolahnya, serta menyediakan output dalam bentuk infprmasi.
  • Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat sera dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi - insturksi yang telah tersimpan di dalam memori. dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. 
Lalu kesimpulan dari definisi komputer sendiri adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengelolahan, serta bekerja secara otomatis.
pada komputer terdapat istilah information processing cyle atau rangkaian - rangkaian proses, yaitu :
  • input
  • proses
  • output
  • storage
  • comunnication
Elemen - elemen yang terdapat di komputer
  • Hardware (Perangkat keras )
  • Softrware (Perangkat Lunak)
  • Brainware (operator/programer/system analyst)
Hardware adalah merupakan komponen - komponen fisik peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, serta peralatan - peralatan lain yang mendukung komputer dalam melakukan tugasnya.
komponen - komponen hardware dibagi menjadi 5 golongan :
  1. Input Devices : suatu alat elektronik yang dihubungkan pada sistem komputer, yang berfungsi untuk   memasukkan data - data yang akan diproses oleh komputer,
  2. Processing Devices : otak dari sistem komputer, karena proses pengolahan dan pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer dilakukan disini. 
  3. Output Devices : merupakan alat yang berfungsi untuk mengluarkan hasil pengolahan dari CPU
  4. Storage Devices :tempat menyimpan data, instruksi, dan informasi untuk kebutuhan di masa yang akan datang.
  5. Comunicate Devices : komponen hardware yang terdapat pada komputer untu mengirim dan menerima data, instruksi, dan informasi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;